Pengertian Hardware
Hardware
adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di
dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat
lunak(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam
menyelesaikan tugasnya.
Hardware
Hardware
atau dalam bahasa indonesia disebut dengan perangkat keras adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba oleh
manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan
oleh pemberi perintah.
FIRMWARE
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang
"dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah
dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh
pengguna umum.
Program
yang disisipkan ke dalam PROM (Programmable Read-Only Memory) untuk menjadi
salah satu komponen tetap dalam piranti komputer
seperti printer dan modem
Hardware atau Perangkat Keras
Bidang
ilmu ini merupakan pendukung dari berkembangnya perangkat keras secara umum.
Beberapa bidang perangkat keras yang mendasari teknologi informasi adalah:
Struktur
kontrol dan microprogramming, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik
kontrol dan pemrograman dengan mikroprosesor atau mikrokontroller.
Struktur
aritmatika dan logika, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik
perhitungan aritmatika dan logika pada mikroprosesor.
Struktur
memori, merupakan bidang ilmu yang mempelajari struktur penyimpanan dan
pengaksesan data pada memori.
Komunikasi
data, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik pengiriman,
transmisi, dan penerimaan data.
Desain
logika, merupakan bidang ilmu untuk mempelajari teknik desain logika dengan
gerbang-gerbang logika.
Integrated
circuit dan desain VLSI, merupakan bidang ilmu yang menerapkan desain logika
pada IC maupun VLSI (Very Large Scale IC).
Hardware berupa peralatan fisik dari
sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.
Perangkat masukan (Input device) - Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar
ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen,
scanner, dan sebagainya.
2.
Perangkat Keluaran (Output Device) - perangkat keluaran dipergunakan untuk
menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.
Perangkat pengolah data (Processor) - Perangkat
pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit
pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Berdasarkan fungsinya, hardware terdiri
dari:
1. Input divice (unit masukan)
Unit
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar
ke dalam komputer.
Contoh
perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan
sebagainya. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam
peranti
,
yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat.
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
d. Light Pen
Light
Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor
bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
h. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara
i. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.
2. Process device (unit pemrosesan)
Unit
pengolah data merupakan alat yang digunakan untuk memproses data yang telah
dimasukkan ke dalam komputer.
Contoh
: CPU (Central Processing Unit)
CPU (Central Processing Unit), yaitu merupakan bagian
utama dari suatu komponen yang bertanggung jawab atas terkendalinya seluruh
kegiatan bagian-bagian komputer, juga berfungsi melakukan proses perhitungan
dan logika.
Ada 4 komponen CPU yaitu :
1. Control
Unit (CU): yang bertugas mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan
output; Mengambil intruksi-instruksi dari main memory; Mengirim instruksi ke
Arithmatic and Logic Unit; Menyimpan hasil proses ke main memory.
2. Arithmatic And Logic Unit (ALU); tugas
utamanya adalah melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika yang
terjadi sesuai intruksi program.
3. Registers, adalah media penyimpan
internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat
sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data
untuk pengolahan selanjutnya.
4. CPU (Central Processing Unit) Interconnections, adalah sistem koneksi
dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan
register-register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan
dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran
3. Output device (unit keluaran)
Perangkat
keluaran digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan oleh komputer
Hasil
pengolahan oleh komputer dapat dibedakan ke dalam 4 macam bentuk, yakni :
1.
Tulisan yang terdiri dari huruf, angka, karakter khusus, dan simbol-simbol lain.
2.
Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
3.
Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
4.
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin dan dimengerti oleh komputer.
Alat output dibedakan atas 3 jenis, yakni
:
1.
Hard Copy Device, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (huruf, angka,
karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image pada media keras.
Contoh
: Printer
2.
Soft Copy Device, alat yang digunakan untuk menampilkan atau menghasilkan
tulisan (huruf, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain), suara serta
image pada media lunak berupa signal elektronik.
Contoh
: Monitor,speaker
3.Drive
device atau driver, alat yang digunakan
untuk merekam simbol dalam betuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada
media disk atau tape magnetic.
Contoh
: Disk drive, tape drive.
Output Devices:
1.
Monitor
2.
Printer
·
Impact Printer
bekerja dengan sistem
“pengetukan”.
contoh:
a.
Dotmatrix : head berupa jarum (500 cps)
b.
Line printer : head satu baris huruf (3000
textlines/minutes)
c.Band printer : pita huruf berputar (2000
textlines/minutes)
d.
Daisywheel : head berupa roda huruf (sperti mesin tik)
·
Non-impact printer
Inkjet/ bubblejet Printer
o
Menyemprrotkan tinta dari lubang jet
Laser Printer
o
Menggunakan sinar laser membentuk image
pada drum.
Thermal Printer
o
Mencetak dengan pemanasan
3.
Sound Output
Sound card
Speaker
4.
Video Output
Istilah,
nama lain:
– Multimedia Projector
– LCD Projector
– Digital Light Projector
5.
Plotter
4. Backing storage (unit penyimpanan)
Yang
dimaksud dengan unit penyimpanan adalah memori yang merupakan tempat
program-program dan data-data disimpan.
Memori dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1. Memori internal adalah memori yang
dapat diakses langsung oleh processor. Contohnya, register yang terdapat dalam
processor, cache memori dan memori utama yang berada di luar processor
2. Memori eksternal adalah memori
yang diakses processor melalui piranti I/O.
Contohnya disket, hardisk, dst.
5. Periferal (unit tambahan)
Periferal
(unit tambahan)yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan
komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya
yaitu: modem, web cam dll
# Komponen Pendukung
1. I/O Ports - digunakan untuk menerima atau
mengirim data ke luar sistem
Data
Bus, merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer dan
bersifat bidirectional, yaitu dapat digunakan sebagai jalur proses membaca dan
menerima data oleh CPU
2. Address Bus - Digunakan
untuk memberikan tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data
3. Control Bus - digunakan untuk mengontrol penggunaan
serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri atas 4 hingga 10 jalur dalam
susunan paralel
4.
Control
Bus - digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri
atas 4 hingga 10 jalur dalam susunan paralel
No comments:
Post a Comment