Wednesday, 27 July 2016

Makalah Hardware Komputer


Pengertian Hardware

Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.


Hardware
Hardware atau  dalam bahasa indonesia disebut  dengan perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

FIRMWARE
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Program yang disisipkan ke dalam PROM (Programmable Read-Only Memory) untuk menjadi salah  satu komponen tetap dalam piranti komputer seperti printer dan modem

Hardware atau Perangkat Keras
Bidang ilmu ini merupakan pendukung dari berkembangnya perangkat keras secara umum. Beberapa bidang perangkat keras yang mendasari teknologi informasi adalah:
Struktur kontrol dan microprogramming, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik kontrol dan pemrograman dengan mikroprosesor atau mikrokontroller.
Struktur aritmatika dan logika, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik perhitungan aritmatika dan logika pada mikroprosesor.
Struktur memori, merupakan bidang ilmu yang mempelajari struktur penyimpanan dan pengaksesan data pada memori.
Komunikasi data, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik pengiriman, transmisi, dan penerimaan data.
Desain logika, merupakan bidang ilmu untuk mempelajari teknik desain logika dengan gerbang-gerbang logika.
Integrated circuit dan desain VLSI, merupakan bidang ilmu yang menerapkan desain logika pada IC maupun VLSI (Very Large Scale IC).

Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.    Perangkat masukan (Input device) - Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

2.    Perangkat Keluaran (Output Device) -       perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.    Perangkat pengolah data (Processor) - Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Berdasarkan fungsinya, hardware terdiri dari:

1.    Input divice (unit masukan)
Unit masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.
Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti
, yaitu :
a.    Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.


b.    Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.


c.    Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


d.    Light Pen
Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


e.    Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


f.     Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.


g.    Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.


h.     Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara


i.      Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.



2.    Process device (unit pemrosesan)

Unit pengolah data merupakan alat yang digunakan untuk memproses data yang telah dimasukkan ke dalam komputer.
Contoh : CPU (Central Processing Unit)


CPU (Central Processing Unit), yaitu merupakan bagian utama dari suatu komponen yang bertanggung jawab atas terkendalinya seluruh kegiatan bagian-bagian komputer, juga berfungsi melakukan proses perhitungan dan logika.

Ada 4 komponen CPU yaitu :
1. Control Unit (CU): yang bertugas mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output; Mengambil intruksi-instruksi dari main memory; Mengirim instruksi ke Arithmatic and Logic Unit; Menyimpan hasil proses ke main memory.
2Arithmatic And Logic Unit (ALU); tugas utamanya adalah melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai intruksi program.
3. Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
4. CPU (Central Processing Unit)  Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran

3.    Output device (unit keluaran)
Perangkat keluaran digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan oleh komputer
Hasil pengolahan oleh komputer dapat dibedakan ke dalam 4 macam bentuk, yakni :
1. Tulisan yang terdiri dari huruf, angka, karakter  khusus, dan simbol-simbol lain.
2. Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin dan dimengerti oleh komputer.

Alat output dibedakan atas 3 jenis, yakni :
1. Hard Copy Device, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (huruf, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image pada media keras.
Contoh : Printer

2. Soft Copy Device, alat yang digunakan untuk menampilkan atau menghasilkan tulisan (huruf, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain), suara serta image pada media lunak berupa signal elektronik.
Contoh : Monitor,speaker

3.Drive device atau driver, alat yang digunakan  untuk merekam simbol dalam betuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media disk atau tape magnetic.
Contoh : Disk drive, tape drive.

Output Devices:
1.    Monitor
2.    Printer
·         Impact Printer
bekerja dengan sistem “pengetukan”.
contoh:
a.    Dotmatrix : head berupa jarum (500 cps)
b.    Line printer : head satu baris huruf (3000 textlines/minutes)
c.Band printer : pita huruf berputar (2000 textlines/minutes)
d.    Daisywheel : head berupa roda huruf (sperti mesin tik)
·         Non-impact printer
Inkjet/ bubblejet Printer
o   Menyemprrotkan tinta dari lubang jet
Laser Printer
o   Menggunakan sinar laser membentuk image pada drum.
Thermal Printer
o   Mencetak dengan pemanasan

3.    Sound Output
Sound card
Speaker

4.    Video Output
Istilah, nama lain:
     Multimedia Projector
     LCD Projector
     Digital Light Projector
5.    Plotter

4.    Backing storage (unit penyimpanan)
Yang dimaksud dengan unit penyimpanan adalah memori yang merupakan tempat program-program dan data-data disimpan.
Memori dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1. Memori internal adalah memori yang dapat diakses langsung oleh processor. Contohnya, register yang terdapat dalam processor, cache memori dan memori utama yang berada di luar processor
 2. Memori eksternal adalah memori yang diakses processor melalui piranti I/O. 
Contohnya disket, hardisk, dst.

5.    Periferal (unit tambahan)
Periferal (unit tambahan)yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: modem, web cam dll



# Komponen Pendukung

1.    I/O Ports - digunakan untuk menerima atau mengirim data ke luar sistem
Data Bus, merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer dan bersifat bidirectional, yaitu dapat digunakan sebagai jalur proses membaca dan menerima data oleh CPU
2.    Address Bus - Digunakan untuk memberikan tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data
3.    Control Bus - digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri atas 4 hingga 10 jalur dalam susunan paralel
4.    Control Bus - digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri atas 4 hingga 10 jalur dalam susunan paralel


No comments:

Post a Comment