Tuesday 16 August 2016

Contoh Pembuatan Latar Belakang Karya Tulis


Pada kesempatan kali ini, akan di bahas mengebai latar belakang. Apabila anda masih bingung mengenai pembuatan latar belakang pada karya ilmiah, berikut adalah salah satu contoh latar belakang pada karya ilmiah. Berikut adalah contoh latar belakang masalah mengenai ‘BANK GARANSI’.




Dewasa ini, pembangunan semakin marak dilakukan di sebagian besar wilayah di dunia. Dalam melakukan suatu pembangunan dari konstruksi proyek, pemilik proyek harus lebih berhati-hati dalam memilih kontraktor, kemampuan teknis dan finansial kontraktor harus benar-benar dibuktikan sebagai tolok ukur kepercayaan kerjasama dengan pemilik proyek.

Untuk melakukan suatu proyek dibutuhkan modal yang cukup besar. Modal merupakan suatu hal yang sangat penting dalam melakukan pembangunan. Ketika terjadi kekurangan moda,  maka dipastikan jika proyek pembangunan tersebut akan terhambat. Guna menjaga keamanan dan kelancaran dalam melakukan pembangunan tersebut, diperlukanlah jasa dari lembaga keuangan seperti perbankan dalam hal memberikan jaminan untuk memastikan bahwa proyek tersebut benar-benar mempunyai modal yang cukup. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi No. 18 tahun 1999 bahwa jaminan dalam perjanjian pemborongan merupakan hal yang paling utama dalam usaha perlindungan terhadap pemilik proyek.

Salah satu jasa yang disediakan oleh bank dalam memberikan jaminan yaitu bank garansi. Bank garansi memberikan jaminan terhadap kelancaran suatu transaksi atau usaha yang sedang dilakukan. Bagi pihak yang memegang bank garansi akan mendapatkan keyakinan atau rasa aman dari kemungkinan tindakan pihak lain yang merugikan.

Bank menerbitkan bank garansi setelah ada transaksi sebelumnya, dalam arti untuk menerbitkan bank garansi harus ada kegiatan pokok yang dijamin melalui bank garansi. Kegiatan pokok tersebut misalnya adanya suatu pemenangan tender proyek tertentu, adanya transaksi yang menimbulkan kewajiban membayar pada waktu tertentu dikemudian hari. Kegiatan pokok tersebut memerlukan waktu dan setelah kurun waktu tersebut pihak tertentu harus memenuhi kewajibannya. Untuk menjamin pemenuhan kewajiban dikemudian hari maka diperlukan jaminan bank yaitu bank garansi.

Bank garansi merupakan jaminan pembayaran yang diberikan oleh bank kepada suatu pihak, baik perorangan atau badan/lembaga lainnya dalam bentuk jaminan. Pemberian jaminan dengan maksud bank menjamin akan memenuhi (membayar) kewajiban-kewajiban dari pihak yang dijaminkan kepada pihak yang menerima jaminan, apabila yang dijamin kemudian hari ternyata tidak memenuhi kewajiban kepada pihak lainmsesuai dengan yang diperjanjikan atau cidera janji.

Demikianlah salah satu contoh pembuatan latar belakang, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih . . . .


No comments:

Post a Comment